Syarat Pendaftaran Politeknik Sekayu Tahun Akademik 2017/2018 Jalur PMDK
Senin, 08 Mei 2017 - 03:47:56
Kategori : Umum | [864 Dibaca]
Oleh:

SELEKSI CALON MAHASISWA BARU
POLITEKNIK SEKAYU
MELALUI JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN
(PMDK) TAHUN 2017


I. Pendahuluan
Dalam rangka memilih calon mahasiswa baru yang mempunyaikemampuan akademik dan non-akademik untuk mengikuti dan menyelesaikanstudi di perguruan tinggi dengan baik dan sesuai batas waktu yangditentukan, maka perlu adanya proses seleksi. Sistem seleksipenerimaan mahasiswa baru di Politeknik Sekayu.Prestasi yang dipertimbangkan dalam seleksi PMDK adalah prestasiakademik dan non-akademik yaitu prestasi bidang olahraga dan seni. PMDK. Seleksi diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK pada tahun terakhir yang mempunyai prestasi akademik dan non-akademik tertinggi di sekolah atau di luar sekolah. Prestasi yang menonjol di bidang akademik maupun non-akademik dari siswa-siswi di SMA/SMK merupakan prediktor keberhasilan yang baik bagi seseorang di Perguruan Tinggi dan dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.


II. Persyaratan
2.1 Persyaratan Umum

  1. Warga Negera Indonesia ( WNI )
  2. Warga Negara Asing (WNA) dengan izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas RI.
  3. Terdaftar sebagai siswa sekolah yang mengikuti ujian UN dan mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  4. Umur Maksimal 21 Tahun pada tanggal 1 September 2017
  5. Berkelakuan baik, berjiwa dan berbadan sehat dibuktikan dengan surat keterangan Dokter dari Rumah Sakit yang ditunjuk.

2.2 Persyaratan Khusus

  1. Setiap siswa SMA/SMK diperkenankan mengikuti seleksi PMDK Politeknik Sekayu, asalkan nilai setiap mata pelajaran pada rapor t yang disyaratkan tidak kurang dari 6,0.
  2. Masuk dalam peringkat 5 besar berturut-turut dari kelas 1.
  3. Siswa yang mendapatkan prestasi tingkat Internasional/Nasional Bidang akademik, dapat dipertimbangkan lulus seleksi secara langsung oleh Panitia Seleksi dengan Surat Keputusan Direktur.
  4. Peserta yang dapat mendaftar pada :
    - Program Studi Akuntansi adalah Jurusan SMA/MA/(IPA/IPS) atauSMK dengan Jurusan yang sesuai.Program
    - Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara adalah SMA/MA (IPA) atau SMK dengan jurusan yang sesuai
  5. Tidak buta warna untuk Jurusan Teknik Informatika (TI) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TP)
  6. Belum Pernah menikah ( dibuktikan dengan surat keterangan )
  7. Bersedia tidak menikah selama mengikuti masa pendidikan di Politeknik Sekayu.

2.3 Persyaratan Administrasi

  1. Mengisi Formulir Seleksi (Lampiran 1) secara lengkap dengan menggunakan tinta hitam dan huruf kapital, serta telah mendapat persetujuan dari orang tua/wali siswa dan diketahui oleh Kepala Sekolah dengan membubuhkan tanda tangan dan stempel sekolah.
  2. Bersedia untuk membuat dan menandatangi surat pernyataan untuk mengikuti proses seleksi hingga selesai ( materai 6.000 ) ( Lampiran 3)
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP /E-KTP) atau KTP Sementara atau Surat Keterangan belum memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  4. Melampirkan fotocopy raport kelas X (semester 1 dan 2), Kelas XI (semester 1 dan 2) dan kelas XII (semester 1), yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
  5. Siswa SMA/SMK yang masih menggunakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) nilai rapor yang digunakan hanya nilai kognitif saja (dalam bentuk numerik / angka).
  6. Pas foto warna terbaru masing – masing 4 lembar dengan ukuran : 3x4 dan 4x6.
  7. Fotokopi pembayaran PBB tahun terakhir dan Rekening Listrik.
  8. Siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu (secara ekonomi) agar mengisi Surat Pernyataan Berasal dari Keluarga Tidak Mampu serta melampirkan foto rumah tampak luar dan dalam (Lampiran 4).
  9. Surat Kelakukan Baik dari Sekolah yang disahkan oleh Kepala Sekolah
  10. Surat Pernyataan Siap Menerima Sanksi yang telah mendapat persetujuan dari orang tua/wali siswa dan diketahui oleh Kepala Sekolah dengan membubuhkan tanda tangan dan stempel sekolah ( Lampiran 5)
  11. Stopmap Folio Kulit Kambing Masing – masing 5 buah dengan warna :

        - Program Studi Akuntansi warna Biru;
        - Program Studi Teknik Informatika warna Kuning;
        - Pogram Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara Warna Merah.


III. Kriteria Penilaian
A. Penilaian dilaksanakan dengan penyusunan peringkat nilai akhir dari nilai-nilai yang terkumpul dari nilai raport, prestasi, pengalaman organisasi Intra-Sekolah dan keluarga tidak mampu. Ketentuan penilaian adalah sebagai berikut.
1) Nilai raport ( 50 %)
2) Nilai Prestasi ( 30 %)
3) Pengalaman Organisasi Sekolah ( 5 %)
4) Keluarga Tidak Mampu (15 %)
5) NA = NR + NP + PO + KTM
Ket.:
NA = Nilai Akhir
NR = Nilai Raport
NP = Nilai Prestasi
PO = Pengalaman Organisasis
KTM = Keluarga Tidak Mampu.


B. Prestasi yang diakui dari kegiatan Akademik dan Non-Akademik adalah prestasi yang diperoleh selama menjadi siswa di SMA/SMK, terdiri atas :
1) Lomba Karya Tulis Ilmiah
    Mendapatkan juara dalam lomba karya tulis ilmiah (baik individu maupun kelompok) yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
2) Lomba Bidang Studi
Lomba bidang studi yang sesuai dengan jurusan atau program studi yang diminati dan penyelenggaraannya diakui kredibilitasnya. Jenis prestasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah keikutsertaan dalam pemilihan pelajar teladan, olimpiade, dan sejenisnya dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
3) Kejuaraan Olah Raga / Seni
Meraih prestasi dalam perlombaan bidang olahraga/seni baik individu maupun kelompok pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional maupun internasional, dengan menunjukkan fotocopy piagam penghargaan yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
4) Partisipasi dalam OSIS / MPK
Siswa yang pernah menjadi pengurus OSIS / MPK sebagai Ketua, Sekretaris, Bendahara (termasuk wakil), atau Ketua Seksi dengan melampirkan fotocopy Surat Keputusan Kepala Sekolah yang telah disahkan atau Surat Keterangan Kepala Sekolah.


C. Prestasi pada masing-masing diakui hanya satu, yaitu pada posisi prestasi tertinggi.
D. Prestasi yang dinilai adalah minimal juara III di tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional.
E. Semua bukti fisik harus dapat ditunjukkan aslinya pada saat pendaftaran kembali jika telah dinyatakan lulus seleksi.


IV. Jadwal Pelaksanaan

  1. PMDK Politeknik Sekayu dilaksanakan tahun 2017.
  2. Formulir Seleksi dikirim ke sekolah-sekolah mulai Maret 2017 – 16 April 2017. Formulir dapat diperbanyak (fotocopy) sesuai kebutuhan atau diakses melalui http://www.polsky.ac.id.
  3. Berkas secara kolektif agar dikirim oleh sekolah langsung atau melalui pos selambat- lambatnya 27 April 2017 kepada : Panitia Seleksi Calon Mahasiswa Melalui Jalur PMDK Politeknik Sekayu d/a. Bagian Administrasi Akademik, Kampus Politeknik Sekayu, Sekayu Musi Banyuasin.
  4. Berkas lamaran yang dikirim agar dilengkapi dengan :
  5. Setiap pelamar mendapatkan kartu identitas pendaftaran yang dapat diambil langsung oleh pendaftar/perwakilan sekolah sebagai identitas pelamar termasuk tanda tes psikotest, atau dapat diambil langsung selambatnya 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan tes tersebut, bila pengiriman berkas melalui pos.
  6. Pengumuman hasil seleksi PMDK Politeknik Sekayu direncanakan pada tanggal 05 Mei 2017. Pengumuman yang merupakan keputusan akhir hasil seleksi tidak dapat diganggu gugat dalam bentuk apapun.
  7. Pengumuman disampaikan secara kolektif ke masing- masing sekolah dan Web Politeknik Sekayu (http://www.polsky.ac.id).


V. Ketentuan Lain

  1. Siswa yang mengirimkan berkas lamaran tidak sesuai dengan ketentuan di atas dan diketahui ada unsur kecurangan, dinyatakan gugur. Apabila kecurangan tersebut terbukti melibatkan lembaga, pimpinan dan staf pengajar/pegawai sekolah, maka siswa di sekolah yang bersangkutan tidak akan diikutsertakan pada seleksi satu tahun berikutnya.
  2. Siswa yang diterima melalui jalur PMDK dan tidak mendaftar kembali pada program studi yang dipilih akan berpengaruh negatif terhadap kuota penerimaan siswa SMA/MA/SMK yang bersangkutan pada seleksi tahun berikutnya serta bersedia mengembalikan biaya ganti rugi yang dikeluarkan Politeknik Sekayu selama mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Share

Komentar
Untitled Document

Pengumuman
Agenda
Ikuti Kita
Jejaring Sosial


Tautan
Statistik Pengunjung
info_pengunjung
IP : 54.227.31.145
Browser :
OS :
Visit : 1 Total: 5966
Hit : 44 Total: 20577
Online : 1 user

Program Studi Teknik Informatika | Politeknik Sekayu
Jl. Let. Munandar Kel. Kayuara, Kec. Sekayu, Kab. Musi Banyuasin
Prop. Sumatera Selatan - Indonesia [30711]
Telp.: 0714-321099 Fax.: 0714-321099
Email : prodi.ti@polsky.ac.id
Web : ti.polsky.ac.id
Jejaring

© 2017-2018 Prodi Teknik Informatika | UPT Jarkom Sisfo Politeknik Sekayu [polsky]
Loading Time : 0.111